Home Teras Model Teras untuk Rumah

Model Teras untuk Rumah

by Teguh Yulianto Setiabudi
Teras Rumah Minimalis Tampak Depan

Rumah yang memiliki teras luas memang menjadi impian setiap orang. Dengan teras tersebut, sebuah keluarga bisa bercengkrama, pagi, siang, sore, dan malam. Tentunya teras tersebut harus nyaman. Ada beberapa bentuk teras untuk dibangun guna melengkapi rumah Anda, misal ada teras outdoor dan semi outdoor. Ada juga teras yang sengaja ditempatkan di tengah taman. Pokoknya macem macem dech bentuknya. Sebagai bagian yang tak terpisahkan pada sebuah bangunan, fungsi teras yang begitu komplek juga harus memperhatikan estetika, khususnya dari segi desain yang digunakan. Model teras untuk rumah dengan keaneka ragaman bentuk dan modelnya, menjadi pilihan beberapa desainer arsitektur untuk memberikan yang terbaik bagi klien mereka. Beberapa contoh yang bisa menjadi inspirasi teras rumah Anda, bisa dilihat pada gambar berikut.

Teras outdoor dengan Pergola

Pada gambar berikut, beberapa orang menyebutnya sebagai teras, namun ada juga yang menyebutnya sebagai gasebo. Terlepas dari penyebutan kedua hal tersebut, konsep yang digunakan sepertinya ingin menonjolkan keindahan taman. Dari beberapa model teras untuk rumah, teras yang menggunakan konsep outdoor semacam ini memang kurang populer di Indonesia. Kebanyakan masyarakat kita lebih cenderun membangun sebuah teras yang menempel langsung pada bangunan utama. Pada gambar yang ditampilkan disini, bentuk terasnya memang sangat sederhana, hanya berupa atas berbentuk pergola dan berada ditenga tengah taman. Untuk mempercantiknya, dibuatlah beberapa aksesoris pendukung pada teras berpergola tersebut, misal dengan membuat jalan setapak disampingnya, penataan rumput yang rapi, dan dikombinasi dengan furniture.

Model Teras untuk Luar Rumah

Bentuk teras indoor kontemporer

Konsep desain teras indoor banyak dijumpai pada beberapa model teras untuk rumah dari luar negeri. Dengan arsitektur yang terlihat kokoh dan kuat, serta ruangan yang cukup luas, menjadikan sebuah desain tampak lebih lega. Bentuk bangunan jaman dulu menjadi pilihan dari sang empunya rumah. Corak dan motif dinding berbatu bata menjadi role model dari teras tersebut. Ditambah lagi beberapa bagian dari teras indoor ini dipercantik dengan model atap natural yang terbuat dari papan dan balok balok kayu. Dinding dinding beton yang terihat kokoh menambah daya estetika dari teras kontemporer tersebut.

Teras Kontemporer Semi Outdoor

Teras berkonsep Natural

Ada juga desain teras yang lebih mengedepankan kenyamanan. Misal lokasi teras yang dibiarkan terbuka. Model teras untuk rumah dengan nuansa alam yang sejuk memang banyak didapati di beberapa daerah yang berdekatan dengan lokasi pegunungan. Sambil menikmati keindahan alam, banyak para desain arsitektur mencoba mengimplementasikan konsep tersebut, yaitu dengan cara membangun teras semi outdoor atau indoor. Konsep bangunan natural akan sangat kentara ketika kita melihat beberapa bagian dari bangunan tersebut. Atap, lantai, dinding, meja kursi yang digunakan, lokasi bangunan, dan kondisi lingkungan sekitar bisa menjadi ciri dari sebuah bangunan tersebut, kira kira konsep apa yang dimiliki.

Desain Eksterior Teras

Bentuk dan material yang digunakan

Selain beberapa contoh teras diatas, sobat semua juga bisa mencari inspirasi dari bangunan dibawah ini. Penggunaan material yang bernuansa coklat, dalam hal ini dinding yang diberi lapisan kayu, atapnya juga, memberikan kesan sang desainer ingin coba menghadirkan sebuah teras yang cukup sederhana minimalis. Mengapa dikatakan minimalis? Hal ini karena adanya model meja kursi yang bentuknya sederhana dan sangat kental nuansa minimalisnya. Tidak terlalu banyak lekukan, hanya berbentuk persegi seperti pada desain furniture kebanyakan.

Teras yang menyatu dengan Ruang Keluarga

Pada gambar selanjutnya, penulis menyajikan desain teras yang menyatu dengan ruang keluarga. Dengan hanya dibatasi partisi kaca yang bisa ditarik layaknya rolling door, interior ruang keluarga sangat terlihat jelas ketika kita berada di teras tersebut. Bagaimana dengan letaknya? Sepertinya, teras ini diposisikan berada pada lokasi untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Tujuannya mungkin ingin bersantai sebelum beraktivitas. Beberapa tampilan semacam ini banyak sekali dijumpai. Untuk menambah suasana nyaman, menempatkan beberapa pot tanaman hijau menjadi pilihan agar tampilan sekitarnya tetap sejuk dan asri.

Dari beberapa contoh dan juga model teras untuk rumah yang kami sajikan disini, rekan rekan semua bisa memilih tuh, kira kira mana desain yang cocok buat rumah yang kalian miliki. Atau mungkin ingin melakukan beberapa renovasi bagian rumah, khususnya untuk teras yang ingin kalian pindahkan.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....