Home Pintu Gerbang Model Pintu Gerbang Minimalis

Model Pintu Gerbang Minimalis

by Teguh Yulianto Setiabudi

Setiap rumah, baik itu di perumahan reguler, atau perumahan model cluster, pasti terdapat pintu gerbang utama, yaitu pintu masuk untuk menuju kawasan, seperti misalnya kawasan perumahan tertentu. Ada juga beberapa perumahan yang masing masing penghuninya membuat pintu gerbang tersendiri. Tidak hanya perumahan, untuk rumah rumah diluar itu juga demikian. Misal rumah dikampung, di kota, pokoknya yang diluar perumahan, biasanya juga dilengkapi dengan pintu gerbang tersebut.

Fungsi dari pintu gerbang itu sendiri juga bermacam macam, bisa dilihat sebagai salah satu faktor untuk mempercantik rumah, bisa juga sebagai fasilitas keamanan, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk kedalam rumah atau kawasan. Jika dilihat dari fungsinya, baik untuk mempercantik rumah atau untuk fungsi keamanan, desain pintu gerbang itu sangatlah beragam, buanyak sekali. Untuk lebih detailnya, saya akan coba kupas seputar fungsi pintu gerbang sebagai salah satu faktor yang bisa mempercantik tampilan sebuah rumah, terutama jika dilihat dari depan.

Beberapa Model Pintu Gerbang Minimalis

Sesuai fungsinya yang bisa mempercantik tampilan rumah dari luar, memilih desain, ukuran, material, dan warna sebuah pintu gerbang sangatlah penting. Ada beberapa model pintu gerbang sebuah rumah yang dibuat sedemikian rupa, mewah, besar, kuat, atau ada juga pintu gerbang berukuran kecil.

Menyesuaikan sebuah pintu gerbang dengan bangunan rumah tersebut juga sangat penting agar tidak terjadi ketimpangan antara ukuran rumah dan ukuran pintu gerbang itu sendiri. Karena kita mungkin sering melihat pebandingan yang tidak sepadan, dimana rumahnya berukuran kecil, tapi pintunya sangat besar. Atau bisa juga rumahnya besar sekali, tapi pintunya sangat kecil.

Gambar Pintu gerbang Minimalis

Gambar diatas merupakan salah satu contoh dan desain pintu gerbang minimalis model kupu kupu. Istilah model kupu kupu disini adalah terdiri dari dua engsel, samping kiri dan samping kanan, dan bisa dibuka baik bersamaan, atau dibuka salah satunya. Beda dengan jenis pintu gerbang single, yang umumnya hanya dibuka satu sisi atau berupa pintu gerbang sliding atau geser.

Contoh diatas merupakan salah satu model pintu gerbang minimalis yang terbuat dari beberapa bagian, antara lain besi behel pejal, plat, dan juga profil dari besi tempat. Dilihat dari ukurannya, pintu gerbang ini lumayan besar, dan terletak agak jauh dari pintu utama rumah tersebut. Biasanya, ukuran pintu gerbang yang segede ini mengindikasikan rumahnya juga memilih ukuran yang besar pula.

Untuk corak yang ada pada pintu gerbang ini juga terbilang sederhana, hanya profil besi pejal biasa tanpa dibentuk, dan kemudian disambungkan jadi satu dengan plat yang terdapat beberapa ornamen besi tempanya. Sedangkan untuk pengaitnya sendiri, pintu ini terpasang pada dua tembok pagar yang ada disampingnya, ukurannya juga besar dan kuat, dengan kombinasi tembok warna putih. Agar tampilan pintu gerbang terlihat indah di malam hari, keberadaan dua lampu dinding outdoor juga bisa menjadi pilihan.

Pintu Gerbang Minimalis sliding terbuat dari kayu

Pada umumnya, cara kerja sebuah pintu gerbang ada dua, yaitu dibuka kanan kiri, atau digeser. Untuk membuka sebuah pintu gerbang dengan ukuran cukup besar juga ada dua caranya, yaitu dengan cara manual atau dengan motor penggerak pintu gerbang otomatis. Biasanya, untuk pintu gerbang sliding berukuran besar, kebanyakan menggunakan motor penggerak agar pintu tersebut bisa terbuka secara otomatis, baik melalui pengoperasian dengan cara menekan tombol, atau bisa juga dengan cara pemasangan sebuah sensor dikedua sisi pintu tersebut.

Sedangkan untuk material yang digunakan untuk pintu model sliding, bisa berupa material besi plat dan juga material kayu. Atau bisa juga kombinasi dari kedua material tersebut, kayu dan besi, seperti contoh gambar pada tampilan dibawah ini.

Pintu Gerbang Perumahan Minimalis

Gambar diatas merupakan salah satu contoh penggunaan material kayu dan besi yang biasa ditemukan pada pintu gerbang perumahan minimalis. Model dan cara kerja pintu gerbang tersebut adalah sliding atau geser kesamping. Biasanya, untuk pintu gerbang yang digeser atau menggunakan system sliding, pasti terdapat roda penggerak dibagian bawah pintu tersebut. Dalam gambar tampak beberapa roda kecil. Roda ini juga berfungsi pada pintu gerbang mode geser, baik yang manual atau menggunakan motor penggerak untuk pintu gerbang tersebut.

Model Pintu Gerbang pagar dari besi

Jika ingin membuat pintu gerbang untuk rumah, salah satu material yang cukup luas digunakan adalah yang terbuat dari besi. Banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika membuat pintu gerbang dari besi, misalnya saja mudah dibentuk dengan berbagai macam model, karena menggunakan system pengelasan jika dibandingkan dengan pintu gerbang yang terbuat dari kayu. Ya, pokoknya untuk material semacam ini ada plus minus nya.

Pintu gerbang pagar untuk rumah juga banyak sekali model dan konsep desainnya, ada yang menggunakan desain pintu gerbang minimalis berukuran kecil, sedang, dan pintu yang super besar untuk rumah mewah.  Dari segi cara kerja pintunya pun juga beragam, mau yang model kupu kupu, pintu sliding, atau pintu tunggal dengan satu pintu kecil disampingnya. Biar Anda ada gambaran mengenai bentuk bentuk dan ukuran sebuah pintu gerbang, langsung saja pada gambar dibawah ini.

Pintu Gerbang Minimalis Modern

Gambar diatas memperlihatkan bagaimana model, ukuran, dan bentuk, serta system kerja pintu gerbang. Dari sisi material yang digunakan tidak memakan banyak bahan bahan, paling hanya pipa besi hitam, dan besi behel, serta besi profil yang kemudian dirangkai menjadi bentuk seperti diatas. Pintu tersebut menggunakan model kupu kupu, sehingga tidak perlu menggunakan motor penggerak otomatis untuk membukanya.

Pintu Gerbang Besi Minimalis

Kalo untuk yang satu ini, system pintu gerbang yang digunakan juga masih sama dengan gambar sebelumnya, yaitu menggunakan model kupu kupu. Hanya bedanya, pada gambar diatas ini, beberapa bagian menggunakan plat, khususnya bagian bawah. Jadi untuk item material yang digunakan antara lain plat besi, pipa behel ulir, pipa holow kotak, dan profil untuk bagian atas pintu gerbang tersebut.

Pintu Gerbang Rumah minimalis dua Akses

Dari beberapa model dan type sebuah pintu gerbang, ada yang menggunakan akses satu pintu dan juga akses dua pintu. Akses dua pintu ini biasanya terdiri dari dua ukuran pintu gerbang, yaitu pintu gerbang utama yang berukuran besar, dan juga pintu akses kedua yang berukuran kecil dan berada disamping. Akses pintu kedua biasanya hanya digunakan untuk akses orang yang keluar masuk, sedangkan untuk pintu utama, biasanya untuk akses kendaraan, baik mobil atau motor. Untuk lebih jelasinya, berikut detail dari pintu gerbang yang terdiri dari dua pintu akses.

Pintu Gerbang Kayu Minimalis

Pada tampilan pintu gerbang seperti diatas, material terbuat dari papan kayu yang disusun hingga membentuk sebuah pintu berukuran besar, dan difungsikan sebagai pintu utama, sedangkan untuk akses pintu dibagian samping merupakan akses pintu untuk orang yang keluar masuk. Dan sepertinya, untuk pintu utama menggunakan model sliding manual tanpa motor penggerak.

Contoh Pintu Gerbang Minimalis

Gambar diatas merupakan salah satu contoh pintu gerbang dua akses yang menggunakan system kupu kupu, yaitu pintu bisa dibuka kedua sisinya. Kombinasi material yang digunakan untuk pintu gerbang ini terdiri dari besi kotak, plat besi, dan juga profil besi tempat yang kesemuanya dicat warna hitam.

Demikian beberapa contoh untuk pintu gerbang sebuah rumah dengan berbagai macam model, khususnya pintu gerbang minimalis. Beberapa pintu ini juga cocok untuk Anda gunakan dirumah Anda, tinggal menyesuaikan dengan beberapa kebutuhan yang ada, misal material pintu gerbang yang digunakan, ukuran pintu gerbang, dan jenis pintu itu sendiri, apakah ingin menggunakan pintu gerbang model sliding atau pintu gerbang kupu kupu.

WhatsApp Chat Disini....