Home Ruang Keluarga Menata Ruang Tamu sekaligus Ruang Keluarga

Menata Ruang Tamu sekaligus Ruang Keluarga

by Teguh Yulianto Setiabudi
Sofa Ruang Tamu

Salah satu bagian rumah yang perlu mendapat perhatian dari segi desain dan penataan ruangan adalah ruang tamu dan juga ruang keluarga. Kedua ruangan ini memang kerap dijadikan ajang unjuk kebolehan para desainer, khususnya yang menekuni bidang interior. Ada banyak inspirasi desain, baik desain ruang keluarga dengan ruangan yang cukup luas, ruang tamu yang elegan, dan juga perpaduan antar kedua ruangan tersebut.

Dalam menata ruang tamu dan juga ruang keluarga, pada prinsipnya tidak ada yang berbeda secara signifikan. Hanya perlu beberapa modifikasi dari ruangan tersebut agar terlihat lebih nyaman, baik untuk ngumpul bareng keluarga atau ketika menerima tamu. Menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga akan terlihat lebih mudah jika kedua ruangan tersebut tidak terpisah oleh sekat ruangan atau partisi. Biar lebih jelas dan ada gambaran, seperti apa penataan ruang tamu yang bersebelahan dengan ruang keluarga? Berikut ada contoh contohnya jika Anda ingin mengadopsi model ruangan tersebut.

Ruang keluarga menyatu dengan Ruang makan minimalis

Jika teman teman dirumah memiliki dua ruangan, yaitu ruang keluarga dan ruang makan, agar terlihat lebih luas dan lapang, sangat disarankan kedua ruangan itu tidak perlu ada sekat, misalnya sekat berupa dinding atau gebyok. Biarkan ruangan tersebut bersebelahan, jadi akan terlihat lebih luas. Apalagi jika teman teman mampu melakukan penataan, baik memilih jenis furniture yang digunakan, lokasi antara ruang makan dan ruang tamu, dan berapa luas jika kedua ruangan tersebut disatukan. Gambar dibawah ini adalah dua ruangan yang saling berdekatan tanpa adanya sekat.

Pada bagian belakang tampak sederet meja kursi yang berfungsi untuk ruang makan. Tata letak dari kedua ruangan ini juga terdapat di satu ruangan yang saling berdekatan. Sedangkan untuk dapurnya sendiri sepertinya tidak tampak. Ruang tamu yang tampak pada gambar menampilkan salah satu contoh gaya minimalis kontemporer, dimana terdapat perapian didekatnya. Furniture dengan bentuk sederhana berwarna kecoklatan dipadukan meja kayu persegi.

Baca juga :

Desain interior Ruang keluarga menyatu dengan Dapur

Agar terlihat menyatu antar dua buah ruangan, memang peniadaan sekat mutlak diperlukan. Apapun konsep desain yang diusungnya. Kali ini kita akan coba memadukan kombinasi antara ruang keluarga yang berdekatan dengan dapur misalnya. Pada tampilan gambar dapur dan ruang tamu yang sangat elegan, dengan perpaduan warna putih bersih dan lantai kayu. Biar ga penasaran, berikut detail dari contoh tersebut.

Ternyata penggunaan warna putih bagi interior ruangan, entah itu untuk ruang tamu dan ruang keluarga, atau pun ruang dapur, serta kombinasi tanpa sekat antar kedua ruangan tersebut cukup memberikan kesan minimalis pada bagian keduanya. Pada kedua gambar diatas, warna putih digunakan dibagian dinding dan juga atap plafon.

Dengan memasang beberapa titik lampu di atas plafon, ruangan jadi terlihat lebih terang. Untuk gambar yang pertama dan kedua terdapat tiga blok area, yaitu ruang keluarga, meja makan, dan dapur. Dan ternyata, tanpa adanya sekat tidak menganggu tampilan dari ruangan tersebut, malah menjadi lebih terasa luas dan mudah dalam akses kesana kemari.

Dua ruangan jadi satu antara Ruang keluarga dan Ruang makan minimalis modern

Contoh yang satu ini hampir semuanya menggunakan tema interior berwarna gelap dan coklat. Bisa dilihat pada beberapa bagian ruangan untuk keluarga dan dapur yang menyatu, tanpa adanya sekat atau pemisah berupa dinding. Ruangan ini cukup luas sekali. Agar kesan natural terlihat menonjol, beberapa point yang ada menggunakan material kayu sebagai dekorasi ruangan, misal pada bagian atap dan lantai.

Adapun tiap detail dari fasilitas dan perabot yang coba dihadirkan pada kedua ruangan tersebut bisa saya jabarkan secara singkat disini.

  • Kursi ruang keluarga : menggunakan sofa berbentuk L dengan ukuran cukup besar, dan muat untuk 6 orang. Warna sofa adalah kuning krem dengan beberapa bantal. Sedangkan untuk mejanya sendiri adalah meja yang terbuat dari kayu berwarna coklat tua. Sebagai pelengkap, pada bagian lantai dihamparkan karpet dengan motif kembang kembang.
  • Lampu meja makan : sesuai dengan konsepnya, jenis lampu yang digunakan adalah kap lampu minimalis dengan gradasi warna kuning susu. Terdiri dari 5 titik lampu gantung yang unik dan romantis.
  • Dinding dapur : dengan dilapisi batu alam, menambah kesan futuristik pada ruangan ini. Beberapa bagian lainnya juga demikian, salah satunya pada tiap tiang beton yang ada di sudut ruangan.

Dekorasi Ruang Tamu dan ruang Keluarga

Secara umum, ruang tamu ya ruang keluarga. Tentunya, ini untuk beberapa desain rumah yang memiliki ruangan terbatas. Namun ada juga loh, ruang tamu dan ruang keluarga yang dipisahkan oleh dinding pembatas, khususnya yang sering dijumpai di beberapa rumah bergaya sederhana, atau juga di perumahan. Ruang tamu biasanya terletak di bagian depan, sedangkan ruang keluarga terletak dibagian tengah rumah tersebut. Pokoknya, ada banyak macam dan variasi jika teman teman pingin tau lebih jauh seputar desain untuk kedua ruangan tersebut.

Gambar dan contohnya keren keren kan, kadang saya sendiri sampe ngimpi, kapan ya punya rumah sekeren itu? That’s yang pasti, jika ingin mengasah keahlian untuk jadi seorang desain interior, maka harus banyak banyak mencari inspirasi dari beberapa contoh yang ada. Semakin banyak memiliki referensi, tentunya semakin bagus agar wawasan kalian tentang sebuah desain yang bagus semakin banyak.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....