Home Home Office Menata Home Office di Rumah

Menata Home Office di Rumah

by Teguh Yulianto Setiabudi
Contoh Home Office

Buat yang sering bekerja dari rumah, khususnya para pebisnis online, ataupun juga sering melanjutkan pekerjaan kantor dirumah, tentunya membutuhkan ruangan dan suasana kerja yang representatif. Home office menjadi salah satu pilihan. Jika kenyamanan merupakan hal yang diutamakan, tentunya Anda perlu memiliki desain ruangan yang mendukung aktivitas untuk bekerja di rumah. Menata sebuah home office dirumah, tidak jauh berbeda dengan penataan desain lainnya, misal living room, penataan dapur, kamar tidur, taman, dan lain sebagainya. Yang jadi perbedaan hanyalah mungkin pada luas ruangannya saja. Home office biasanya berukuran kecil, atau bahkan jika tidak memiliki ruangan lebih, home office biasanya juga disatukan dengan kamar tidur atau ruang keluarga. Pendek kata, tinggal dipilih sesuai kondisi ruang yang ada di rumah Anda. Berikut sekedar inspirasi buat yang pingin menata home office di rumah, mudah mudahan bisa memberikan ide untuk diwujudkannya.

Home Office bernuansa Gelap

Gelap disini maksudnya adalah warna interior ruangan, mulai dari dinding, meja kursi, buffet, dan langit langit. Jika agan semua perhatikan, hampir semuanya bercorak warna coklat dan krem tua. Pada home office seperti gambar, terdapat beberapa properti pendukung, misalnya kursi kerja, lemari cabinet, satu perangkat sound system, meja komputer, dan beberapa gitar. Ruangan ini mungkin di desain oleh seorang pemusik atau bisa juga pencipta lagu, yang tentu saja membutuhkan ketenangan untuk menghasilkan sebuah karya. Untuk menunjang sentuhan artistik pada ruangan ini, penataan lampu juga menggunakan beberapa lampu dengan intensitas cahaya yang tidak terlalu terang, namun bisa mencukupi ruangan untuk membaca.

Baca juga : beberapa contoh ruang keluarga

Ruang kerja lapang dan terbuka

Contoh berikut berbeda dengan contoh diatas. Kalo ruangan untuk home office yang satu ini lebih terbuka, dengan ruangan yang cukup luas. Interiornya juga cerah, warna dinding lebih di dominasi warna warna terang, seperti krem muda. Ruangan ini terasa terbuka karena di samping kanan dan kiri terdapat akses untuk langsung keluar ke halaman atau taman, sehingga ketika sudah terasa penat mengerjakan sesuatu, kita bisa langsung keluar untuk sekedar menikmati udara diluar ruangan.

Home office dengan pintu kaca

Ada kalany, seseorang yang bekerja dari rumah ingin selalu merasa segar dan nyaman. Dalam mendukung aktivitas tersebut, biasanya akan dipilih ruangan yang terdiri dari beberapa dinding kaca atau pintu kaca berukuran besar, seperti pada gambar. Dengan adanya pintu kaca, selain bisa lebih fresh dalam bekerja, desain semacam ini bisa juga untuk mengurangi kejenuhan yang mungkin dialami. Ruangan ini terdapat beberapa interior yang mendukung, misalnya dua buah jendela kecil dibelakang meja, tanaman indoor, lantai kayu, dan beberapa kursi untuk melengkapi ruangan tersebut. Selain itu juga terdapat rak buku yang ada disamping meja kerja.

Home office dengan tungku perapian

Mungkin agak sedikit kurang umum ya, jika dalam ruangan kerja terdapat perapian, seperti tampak pada gambar. Namun bisa juga tungku perapian ini diperuntukkan untuk daerah dengan kondisi yang cukup dingin, semisal di daerah luar negeri. Adanya perapian disini, jika didesain dengan cukup unik, maka akan memberikan tampilan berbeda dari kebanyakan cara menata home office di rumah. Pada gambar tampak jelas, keberadaan perapian ini ditata sedemikian rupa, dimana dinding perapiannya saja terbuat dari marmer.

Home office bernuansa putih

Untuk memberikan kenyamanan ketika bekerja dari rumah, ada banyak cara yang bisa dilakukan terhadap desain dan cara menata home office di rumah. Salah satunya adalah menghadirkan interior yang cerah, baik dari pemilihan warna dinding ataupun juga jenis furniture yang digunakan. Pada contoh gambar home office yang ada disini, hampir semua interior didominasi oleh warna terang, seperti dinding, lemari kabinet, langit langit, dan juga tutup lampu. Hanya ada beberapa yang memang dibuat berbeda agar memiliki nilai kontras pada ruangan tersebut, misalnya warna lantai bernuansa alam, yaitu lantai yang terbuat dari parquet.

Ok teman teman, demikian beberapa contoh dan inspirasi buat kalian yang pingin memiliki dan menata home office di rumah secara mandiri. Beberapa desain tersebut tentunya mesti disesuaikan dengan kondisi ruangan yang ada saat ini, apakah jika memilih salah satu contoh desain tersebut nantinya bisa pas dengan kondisi ruangan yang ada atau tidak.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....