Home Kolam Renang Membuat Pencahayaan Kolam Renang

Membuat Pencahayaan Kolam Renang

by Teguh Yulianto Setiabudi
Desain Kolam Renang Minimalis

Ok sobat semua, gimana kabarnya, masih aktif liat liat gambar desain rumah yang keren keren disini? Yup, kali ini saya akan berbagi seputar membuat pencahayaan kolam renang agar tampak lebih amazing di malam hari. Ada banyak teknik agar kolam renang tampak keren ketika malam hari, terutama pada saat lampu yang di desain sedemikian rupa pada kolam renang dinyalakan. Disini, saya hanya akan berbagi beberapa tampilan sebuah kolam renang yang pokoknya keren abis dech. Tata letak sebuah lampu, khususnya pada desain kolam renang merupakan salah satu bagian dari sebuah desain, baik untuk kolam interior maupun eksterior.Seperti apa aja sih contohnya?

Kolam renang Samping gasebo

Pada gambar yang pertama ini, contohnya adalah kolam renang yang terletak antara gasebo. Adapun pencahayaan yang didapat oleh kolam tersebut, selain dari bagian dalam kolam, efek cahaya juga berasal dari ruangan yang ada disebelahnya, yaitu sebuah gasebo. Namun sayangnya, efek yang dihasilkan hanya tata cahaya biasa, tidak di desain agar terlihat artistik. Jadinya, kolam renang yang dihasilkan pada malam hari hanya sebatas pencahayaan lampu pada umumnya. Beberapa bagian lampu yang dipasang disini adalah pada bagian air mancur mini di dinding kolam, dimana terdapat beberapa unit lampu kedap air yang menyala secara otomatis dengan menggunakan timer ketika malam tiba.

Baca juga : aneka contoh kolam renang

Efek cahaya warna biru dari kolam

Untuk contoh yang satu ini, sang desainer dalam membuat pencahayaan kolam renang memadukan antara warna keramik dan juga penempatan lampu yang berada di sisi setiap dinding kolam. Ketika malam tiba, efek pencahayaannya benar benar spektakuler. Berkesan mewah dan sedap dipandang mata. Apalagi beberapa lampu yang ada di tiang rumah juga memberikan kombinasi pada lingkungan sekitar. Konsep rumah yang bergaya minimalis sangat cocok dengan mode pencahayaan semacam ini.

Air terjun dan Lampu

Dalam membuat tampilan kolam yang lebih eksotis, instalasi air terjun yang dipadukan dengan lampu pada bagian bawahnya juga bisa dicoba. Jadi, ketika malam air, air terjun yang ada pada dinding kolam terdapat lampu dibawahnya, sehingga kelihatan unik. Pemandangan akan jauh lebih amazing jika view dari kolam dan rumah tersebut menghadap ke pegunungan. Belum lagi mode bangunan rumah tersebut yang mengusung konsep kontemporer minimalis, wah pas banget dech pokoknya.

Cahaya lampu dari tepi kolam

Buat yang belum berpengalaman memasang lampu kedap air, jangan khawatir. Sobat semua bisa membuat desain pencahayaan dengan memasang beberapa lampu yang mengarah ke kolam tersebut. Lampu bisa kalian letakkan di pinggiran kolam atau di taman yang ada di dekatnya. Akan lebih menarik jika menggunakan lampu sorot redup untuk hiasannya.

Pasang perapian di Sudut kolam

Pencahayaan tidak selamanya mesti menggunaka efek lampu biasa. Teman teman bisa mencoba dengan memasang dan membuat pencahayaan kolam renang yang berbentuk perapian. Pada contoh disini, terdapat dua buah lampu berbentuk perapian yang ada di kedua sudutnya. Tampak unik dan beda dari lainnya. Untuk memasang lampu jenis ini diperlukan beberapa perlengkapan tambahan agar hasilnya sempurna.

Dari beberapa contoh dan model pencahayaan untuk kolam renang tersebut, pastilah ada salah satu yang cocok buat menghiasi kolam renang. Sebenarnya tidak hanya kolam renang kok, beberapa bahkan menerapkannya untuk kolam ikan meskipun ukurannya jauh lebih kecil. Namun yang paling penting, ketika akan mengerjakan atau memasang lampu tambahan pada kolam, perlu diperhatikan faktor safety dan juga kerapian instalasi agar tidak mengganggu keindahan kolam tersebut.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....