Home Ruang Keluarga Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar

by Teguh Yulianto Setiabudi
Contoh Hiasan Dinding ruang Tamu

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar – Kalo dalam beberapa artikel sebelumnya, saya membahas bagaimana cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri, kini saya akan coba bahas beberapa contoh hiasan dinding yang bisa dijadikan inspirasi agar ruangan Anda bisa lebih keren dan unik. Hiasan dinding ini nantinya bisa kalian pasang di beberapa ruangan, misal ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar tidur anak, kamar kecil, teras, atau tempat lain yang bisa disesuaikan keserasiannya.

Hiasan dinding ini juga cukup unik, ada yang hanya berupa photo, patung, ukiran, kerajinan tangan, dan sebagainya. Dan juga hiasan ini bisa Anda buat sendiri, atau juga bisa beli dan pesan dalam bentuk jadi. Pokoknya dijamin bisa mempercantik ruangan Anda dan keluarga. Biar tidak makin kepo, berikut beberapa contoh hiasan dinding untuk beberapa ruangan dirumah Anda.

1. Hiasan Dinding Ruang Tamu

Sebagai salah satu ruangan yang digunakan untuk menerima tamu, tentulah kita harus menampilkan ruangan yang rapi, bersih, nyaman, dan enak dipandang. Untuk itu, banyak hal yang bisa dilakukan agar kesemuanya itu bisa diraih. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghias dan mempercantik ruang tamu adalah dengan memasang hiasan dinding atau memasang wallpaper dinding ruang tamu. Hiasan dinding untuk ruang tamu banyak macamnya, dari yang paling sederhana, hingga yang paling rumit dan unik.

Hiasan Dinding Ruang Tamu

Cara membuat hiasan dinding kamar jenis hiasan dinding seperti gambar diatas berupa pernak pernik berukuran kecil hingga sedang. Peletakkan hiasan tersebut diletakkan pada dinding yang agak menjorok kedalam, seperti contoh diatas. Aktualnya, ini merupakan hiasan dinding tanpa digantung, namun hanya ditaruh ditempat yang mirip fungsinya seperti rak. Yang menarik dari desain hiasan dinding ini adalah kotak tempat menaruh pernak pernik tersebut, dimana background warna orange sangat serasi dengan warna furniture yang ada di ruangan tersebut.

Baca juga :

2. Hiasan Dinding untuk Kamar Tidur

Salah satu keunggulan sebuah hiasan dinding adalah sangat fleksibel untuk dipasang diruangan manapun, asalkan jenis hiasan dinding tersebut cocok. Misal, hiasan dinding untuk ruang tamu, kamar tidur, teras, dan lain lain. Biasanya, dari kebanyakan jenis yang paling umum adalah hiasan dinding berjenis frame atau bingkai, yang didalamnya bisa berisi photo, lukisan, atau pernak pernik kecil dari beberapa bahan.

Hiasan Dinding untuk Kamar

Contoh hiasan dinding diatas merupakan pemanfaatan jenis photo frame yang dipasang didalam kamar. Terdapat tiga buah hiasan dinding dengan ukuran kecil yang disusun secara berjajar. Simple dan mudah membuatnya. Anda hanya perlu mencetak gambar yang ingin dipajang. Pilih gambar atau photo yang mempunai keunikan atau menarik untuk dijadikan sebagai salah satu pelengkap ruangan, dalam hal ini kamar tidur. Atau bisa juga membuat hiasan dinding sederhana yang bisa dibuat sendiri.

3. Hiasan Dinding Ruang Makan

Meskipun hanya berfungsi sebagai ruang makan, namun kita tidak boleh meremehkan fungsinya. Tetap kenyamanan menjadi salah satu hal yang penting, karena secara tidak langsung, sebuah ruangan, misalnya ruang makan juga bisa menjadi salah satu aspek untuk mendesain sebuah ruangan menjadi lebih menarik. Salah satunya adalah dengan memasang hiasan dinding untuk ruang makan, apalagi ruangan tersebut bergaya minimalis dengan beberapa pernak pernik yang minimalis juga, salah satunya adalah pemanfaatan sebuah hiasan dinding.

Hiasan Dinding untuk Ruang Makan

Beberapa point penting dari interior diatas terdapat pada beberapa bagian ruangan, seperti misalnya lantai, dinding, furniture dan meja kursi, vas atau pot, rak, dan lampu gantung. Kesemuanya memiliki corak yang minimalis, dan sepertinya sangat cocok untuk dipadukan menjadi satu kesatuan.

  • Lantai : pada bagian ini, lantai yang dipilih adalah lantai yang terbuat dari parquet, atau papan kayu. Sangat kontras dengan hiasan dinding yang ada, yaitu berupa tiga buah lukisan abstrak pepohonan.
  • Hiasan dinding : konsep yang diusung, seperti kebanyakan hiasan dinding lainnya adalah menggunakan frame atau bingkai yang bisa diisi photo atau gambar. Dan kebetulan untuk hiasan dinding yang satu ini frame tersebut berisikan lukisan sederhana berupa pohon dengan warna monokrom.
  • Furniture : meja kursi yang digunakan pada gambar ini menggunakan corak warna putih untuk kursinya, dan meja yang terbuat dari kaca. Bentuk sederhana dan tidak terlalu besar, sangat pas sebagai pelengkap sebuah interior, khususnya ruang makan.
  • Lampu gantung : ciri khas sebuah desain interior bergaya minimalis, salah satunya adalah jenis dan bentuk lampu. Biasanya bentuk lampu yang mendukung ruangan minimalis adalah lampu berbentuk lancip, bulat, atau bertopping kerucut.

4. Hiasan Dinding untuk Kamar Mandi

Interior kamar mandi ternyata bagus juga untuk didesain sedemikian rupa agar tampak menarik, nyaman, dan artistik. Cara sederhana, ya itu, masih seputar bagaimana memanfaatkan dan memilih sebuah hiasan dinding yang pas. Pada gambar dibawah ini merupakan salah satu tampilan sebuah interior kamar mandi yang terdiri dari bathtub, ruang shower, hiasan dinding, dan kombinasi yang ada pada ruangan tersebut.

Hiasan Dinding untuk Kamar Mandi

Tampak beberapa kombinasi menarik dari contoh interior diatas, antara lain penempatan bathtub, jenis hiasan dinding yang terpasang, pernak pernik berupa vas bunga, partisi, dinding kaca, dan warna interiornya.

  • Jenis dan penempatan bathtub : untuk jenis yang digunakan cukup sederhana, yaitu berbentuk oval lancip. Agar terkesan nyaman, penempatan bathtub ini cukup dekat dengan jendela kaca yang ada disampignya. Mungkin sang empunya rumah pingin berendam sambil menikmati keindahan pemandangan ke luar.  Apalagi kalo view nya dekat dengan panorama gunung.
  • Jenis hiasan dinding : sepertinya jenis hiasan dinding yang digunakan terbuat dari material kayu yang diukir, kemudian dicat warna warni. Namun ga tau juga sih, karena tampilannya tidak cukup jelas dan berukuran kecil.
  • Vas bunga disamping bathtub : terletak di meja kaca berukuran kecil, fasilitas ini bisa memberikan sedikit nuansa alamiah pada kamar mandi. Apalagi sepertinya, bunganya adalah bunga anggrek.
  • Partisi antar ruang : jika dilihat dari besarnya ukuran, ini mungkin bukan seperti partisi pada umumnya, namun hanya sebagai pemanis antar ruangan daripada kosong. Nilai estetikanya juga cukup bagus dan mendukung, dengan corak dan motif kayu, sangat bagus dan pas.
  • Dinding kaca : berfungsi sebagai jendela dan dinding kaca berukuran besar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan banyak cahaya masuk dari sinar matahari, sehingga sangat terang. Selain itu, dinding kaca ini juga bisa difungsikan untuk fasilitas interior agar tidak semua bagian dinding tersebut terdiri dari beton.

Hiasan dinding untuk Ruang Keluarga

Demikian beberapa contoh, ide, dan inspirasi sebuah hiasan dinding yang bisa diterapkan di banyak ruangan di rumah Anda. Dan seperti Anda lihat, ternyata jika kita mampu melakukan penataan yang bagus dan pas, ruangan tersebut akan terlihat lebih keren, nyaman, dan mempunyai nilai artistik yang tinggi.

 

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....