Home Taman Desain Taman Belakang Rumah

Desain Taman Belakang Rumah

by Teguh Yulianto Setiabudi
Taman Belakang Rumah Minimalis

Memanfaatkan halaman belakang rumah untuk dibikin sebuah taman memang pilihan tepat. Daripada mubazir dan ga dimanfaatkan, akan lebih bagus untuk hal hal yang bisa menambah keren tampilan rumah. Tidak terkecuali halaman belakang rumah. Bagi kebanyakan orang, halaman belakang rumah lebih sering digunakan untuk menaruh barang barang bekas, tempat jemuran, bikin kandang ayam, dan lain lain. Nah, biar rumah kelihatan bersih, nyaman, dan asri, kenapa tidak bikin desain taman belakang rumah aja?

Kalo kalian telaten, banyak kok cara agar halaman belakang rumah bisa keren dengan adanya taman. Atau masih bingung nyari contoh taman tersebut? Sepintas, taman di halaman belakang rumah memang tidak bisa terekspos oleh orang lain, hanya penghuni rumah tersebut yang bisa menikmati keindahan taman belakang rumah. Secara fungsi, desain taman belakang rumah lebih ditujukan untuk pemanfaatan lahan yang kurang pas, seperti yang disebut sebelumnya. Berbeda dengan taman didepan rumah misalnya.

Pada kesempatan kali ini, saya coba ulas mengenai langkah langkah untuk membangun taman belakang rumah. Point penting yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah taman memang lumayan banyak, misal seberapa besar lahan yang dimiliki, model taman seperti apa yang diinginkan, posisi rumah dan halaman belakang, dan masih banyak lagi.

Berapa luas halaman belakang

Step pertama sebelum membuat taman, pastikan mas bro sudah mengetahui luas dari lahan tersebut. Dengan adanya ukuran yang sudah tersedia, ini penting, mengingat setiap konsep dari sebuah taman, baik itu taman sederhana, minimalis, atau modern, akan selalu sesuai dengan luasan lahan yang ada. Akan sangat tidak lucu ketika lahan terlalu sempit, tapi ingin taman dengan konsep tertentu.

Selain itu, lahan yang luas atau sempit juga ikut menentukan jenis tanaman yang akan digunakan. Pada beberapa rancangan taman minimalis untuk dibelakang rumah, beberapa jenis tanaman yang pas antara lain pohon palem botol, rumput jepang, lampu hias kedap air, dan sepasang meja kursi untuk bersantai.

Baca juga :

Memilih konsep taman untuk belakang rumah

Kalo sebelumnya mas bro dan sist sudah mengetahui luas lahan yang ada, kini barulah untuk memilih model dari taman yang akan dibangun. Desain dan konsep ini nantinya bakalan disesuaikan dengan bentuk dan gaya arsitektur rumah ya, jadi sebisa mungkin mesti yang pas perpaduannya. Jangan bikin taman yang nyleneh dan ga sesuai rumah, karena bakalan njomplang nanti hasilnya. Okelah, saya anggap mas bro sudah memilih salah satu contoh desain taman, misalnya taman minimalis. Ngomongin soal minimalis, khususnya yang berkaitan dengan arsitektur rumah, baik interior dan eksterior memang ga ada habisnya, selalu saja banyak contoh contoh yang bagus untuk ditiru. Taman minimalis yang kalian bangun di halaman belakang, biasanya hanya terdiri dari beberapa jenis pohon, tanaman bunga, rumput, dan dua buah kursi santai.

Kolam ikan sebagai pelengkap Taman Minimalis

Ada kalanya, tidak hanya taman yang ada dibelakang rumah. Beberapa tampilan taman juga tampak dilengkapi kolam ikan, baik yang berukuran sedang atau kolam mini. Keberadaan kolam ikan pada sebuah taman memang bisa membantu menghilangkan stress, atau sambil nyantai kita ngasih makan ikan, atau bisa juga buat lauk kalo pas tanggal tua kali ya? Oke, seperti apa sih contoh kolam ikan mini yang terletak ditaman belakang rumah. Secara bentuk, tidak jauh beda, hanya saja jika kolam tersebut dibuat dengan sedikit sentuhan kreativitas, tentunya bakalan menghasilkan gaya natural pada taman tersebut. Pada gambar dibawah tampak sebuah taman dengan beberapa meja kursi dan juga kolam mini berbentuk kotak.

Taman Belakang rumah Dilengkapi perapian

Buat yang suka desain taman ini itu, pasti ga akan kehabisan ide untuk mempercantik taman rumah. Mungkin contoh gambar dibawah ini salah satunya. Bentuk taman yang ditengah tengahnya terdapat perapian. Untuk daerah di Indonesia, mungkin belum terlalu banyak yang menerapkan model ginian, secara di kita kan kondisi alamnya lumayan panas, sehingga kurang pas. Namun bagi rekan rekan yang tinggal di daerah dengan cuaca dingin, fungsi perapian ditaman sangat dibutuhkan, misal pada saat ngumpul bareng teman atau keluarga, sambil nikmatin barbeque atau hidangan ikan bakar.

Area yang ada pada gambar sangat serasi dan kental sekali desain minimalisnya. Liat saja misalnya, bentuk kursi yang digunakan, beton cor yang berada ditengah taman dengan terkotak kotak, kerikil bulat, dan juga bangku yang memanjang dan terbuat dari kayu.

Dari beberapa contoh untuk desain taman belakang rumah, mas bro atau mba sist bisa milih, silakan, monggo mana yang menurutnya bagus, pas untuk hiasan halaman belakang rumah. Dan yang penting, kalo kalian punya ide untuk dikembangkan pada desain tersebut, itu akan lebih bagus.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....