Home Balkon Contoh Desain Pagar Balkon Rumah Minimalis

Contoh Desain Pagar Balkon Rumah Minimalis

by Teguh Yulianto Setiabudi
Balkon Rumah Minimalis

Kurang lengkap rasanya jika Anda mempunyai rumah minimalis 2 lantai tanpa dilengkapi balkon. Boleh dibilang balkon merupakan fasilitas yang wajib dibangun karena biasanya dilantai dua terdapat space tersisa. Nah, space inilah yang bisa Anda gunakan untuk membangun sebuah balkon. Selain desain balkon, fitur penting lainnya adalah pagar balkon itu sendiri. Untuk memilih desain pagar disini, perlu diperhatikan dari sisi keserasian, antara pagar, ukuran balkon, dan juga bentuk rumah yang ada dilantai 2. Disini terdapat beberap contoh desain pagar balkon rumah minimalis yang cukup lengkap.

Dari rata rata contoh balkon yang kami tampilkan, hampir semuanya berukuran besar dan luas. Karena untuk menciptakan kreasi pagar yang unik membutuhkan jumlah yang lumayan banyak dari sisi material agar hasilnya maksimal. Beberapa contoh disini mungkin agan dan mas bro sudah sering liat, modelnya antara lain pagar balkon yang terbuat dari kayu, besi, dan beton. Tinggal dipilih salah satu yang memang bagus dan pas buat mempercantik rumah Anda, khususon yang rumahnya bergaya minimalis modern berlantai dua.

Pagar Balkon Sederhana dari Besi

Selera tiap orang memang berbeda beda dalam hal mendesain rumah masing masing. Contoh kecilnya adalah desain balkon dari sebuah rumah yang ada dibawah ini. Jika dilihat secara utuh, rumah ini terletak ditengah lokasi yang dikelilingi pepohonan rindang. Terlihat sangat sejuk, asri, dan bebas polusi. Kondisi lingkungan yang nyaman mungkin menjadi salah satu inspirasi sang pemilik rumah untuk bisa menikmati suasana udara sejuk kapan pun. Tentunya diperlukan tempat disekitar rumah yang representatif, bukan? Dipilihlah teras depan rumah berlantai dua tersebut.

Agar lantai teras atau balkon tetap aman dan nyaman, perlu adanya pagar pembatas di bibir balkon. Mungkin karena sang empunya rumah kurang banyak referensi untuk mendesain balkon rumah mereka, dipilihlah desain pagar balkon sederhana yang terbuat dari besi. Pembuatan pagar model semacam ini juga cukup mudah, tinggal panggil tukang las, ukur sana sini, jadilah seperti contoh ini.

Agar nuansa alamiah pada rumah tersebut terasa, pemilihan warna, jenis furniture, lantai, dan sebagainya, pemilik rumah memilih aksen warna gelap, dalam hal ini corak coklat dan kayu menjadi alternative nya. Anda bisa melihat, untuk lantainya sendiri terpasang dari material parquet yang dibiarkan kusam, tidak mengkilap. Mungkin karena lokasinya di outdoor, yang mau ga mau harus sering kena hujan dan panas.

Demikian juga untuk furniture meja kursi yang digunakan. Berbentuk sederhana dengan bantal ditiap kursinya, berwarna gelap, dan terdiri dari beberapa set yang disusun sedemikian rupa, menambah kesan natural di area balkon tersebut. Sedangkan untuk perapian mungkin difungsikan untuk kegiatan malam hari, ketika cuaca cerah.

Baca juga :

Balkon berdinding kaca untuk Rumah Minimalis Modern

Berbicara mengenai balkon yang berfungsi sebagai pagar pembatas ruangan untuk lantai 2 sebuah rumah, banyak sekali modelnya. Untuk jenis pembatasnya itu sendiri sangat beragam. Adda pagar balkon yang terbuat dari full material kayu, ada kombinasi antara kayu dan dinding kaca, ada juga balkon yang seutuhnya menggunakan pembatas dari beton cor.

Dalam menentukan jenis pagar pembatas itu sendiri, sangat dianjurkan menyesuaikan dengan gaya arsitektur rumah tersebut. Jika mengambil gaya minimalis berkonsep milenial, mungkin penggunaan pembatas berdinding kaca dirasa juga bisa jadi pilihan. Pada contoh dan detail gambar balkon dibawah ini misalnya. Balkon ini secara keseluruhan mengikuti bentuk dan warna eksterior rumah, bergaya minimalis, kombinasi warna abu abu, dan berlantai marmer.

Desain pagar balkon pada contoh diatas memang terlihat sederhana, namun terkesan kokoh dan kuat. Pelengkap lain pada area tersebut antara lain dua buah kursi yang menurut saya bentuknya cukup unik, seperti terbuat dari rotan yang berwarna putih. Guna menambah kesan minimalis, peletakkan dua buah tanaman di sudut ruangan ini juga cukup bagus.

Desain Pagar balkon dengan Pegangan Kayu

Pada bagian pertama artikel ini, pagar untuk kebutuhan pembatas di lantai dua terdiri dari bermacam macam bahan, bisa kayu secara keseluruhan, besi seutuhnya, beton cor, kaca, dan lain lain. Namun Anda juga bisa mengkombinasikan dari kedua material tersebut. Pada gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh pagar balkon yang menggunakan kombinasi antara kayu dan besi. Untuk kayunya sendiri difungsikan sebagai pegangan, sedangkan besi berfungsi sebagai pembatas atau teralis.

Warna alami pada desain balkon ini terlihat dari corak kayu dan warna hitam pada besinya. Disamping itu, tiang penopang berukuran jumbo dan bermotif bebatuan kapur menambah kesan artistik alamiah pada interiornya. Belum lagi penggunaan lantai kayu yang menyeluruh, keren banget kan?

Dan sepertinya, pemilihan lokasi untuk tempat balkon ini juga sangat tepat. Dengan view pegunungan, suasana akan sangat elok ketika pagi atau sore hari, tergantung menghadap kemana balkon tersebut. Menikmati pemandangan via teras dan balkon memang bisa menghilangkan stress, atau paling tidak bisa membuat pikiran jadi tambah fresh.

Melengkapi Rumah dengan Balkon Luas dan Nyaman

Sebelum membangun sebuah balkon, langkah pertama adalah memilih lokasi yang tepat. Biasanya, lokasi yang tepat diidentikkan dengan view apa yang bisa dinikmati dari balkon tersebut. Salah satu view yang paling banyak diminati adalah balkon dengan latar belakang view pegungungan, pantai, danau, atau sungai. Pokoknya yang seputar pemadangan alam deh.

Dari beberapa jenis view, yang paling diminati adalah panorama pegunungan. Tentunya, untuk memilih lokasi ini kalian semua mesti punya rumah didaerah yang memang banyak pemandangan gunungnya. Contoh pada gambar dibawah ini, view yang keren dan amazing sekali.

Untuk mendukung suasan yang nyaman, setelah ditemukan lokasi yang tepat untuk membangun sebuah balkon, tentunya bagian balkon itu sendiri juga mesti di desain sedemikian rupa agar suasana menikmati view gunung jadi lebih nyaman. Beberapa fasilitas yang ditemukan pada ruangan balkon yang cukup luas ini adalah furniture letter L yang lumayan besar dan panjang, meja kayu sederhana, lantai kayu, dan juga satu set bangku lengkap dengan meja panjangnya.

Balkon Memanjang untuk Rumah Minimalis Modern ditengah Kota

Gambar dibawah ini merupakan salah satu pemanfaatan ruangan yang cukup luas dan memanjang pada sebuah rumah minimalis modern ditengah kota. Panjang balkon sendiri mungkin bisa mencapai 20 meteran. Saya sendiri ga tau, apakah ini merupakan satu rumah, atau terdiri dari beberapa rumah. Akses balkon dengan ruangan yang ada disampingnya juga dibiarkan terbuka, tanpa partisi, sehingga memudahkan penghuni rumah untuk berlalu lalang.

Difungsikan sebagai teras, area balkon ini juga penuh dengan furniture minimalis modern. Desain partisi yang terbuat dari dinding bata dengan pegangan diatasnya, menjadi kelihatan kuat dan kokoh.

Oke sobat desain lover semuanya, sudah dapat inspirasi kan untuk memilih salah satu desain balkon yang mungkin ingin Anda bangun untuk mempercantik rumah? Pilih salah satu, kalkulasi biaya pembuatan balkon, konsultasikan, kemudian mulai membangun hingga selesai dengan hasil yang sesuai ekspektasi.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....