Home Taman Beberapa Bagian dari Taman

Beberapa Bagian dari Taman

by Teguh Yulianto Setiabudi
Cara Membuat Taman Rumah Sederhana

Untuk menghasilkan sebuah desain taman yang sesuai harapan, jika pengerjaan taman ingin dilakukan sendiri, mas bro dan agan semua mesti tau, apa saja bagian bagian dari taman itu sendiri. Beberapa bagian dari taman memang biasanya tergantung dari desain taman yang akan dibangun. Taman minimalis berbeda jika dibandingkan dengan taman berbentuk klasik. Perbedaan tersebut terletak pada beberapa item yang ada didalamnya. Demikian juga untuk aneka jenis tumbuhan yang akan ditanam, sangat beragam. Biar ga bingung dan salah ketika menerapkan untuk taman tersebut, berikut gambaran singkat seputar beberapa bagian dari taman, baik untuk taman rumah, jalan umum, perkantoran, atau taman untuk pinggiran kolam renang.

Sesuaikan dengan desain taman

Banyaknya konsep taman yang bisa agan jumpai, tentu memberikan banyak pilihan beragam. Ada taman minimalis, taman kontemporer, taman klasik, taman indoor, dan lain lain. Menyesuaikan sebuah bentuk taman dari beberapa bagian dan contoh yang ingin diambil, biar hasilnya bagus, seorang desainer taman biasanya menyesuaikan dengan beberapa faktor, misal saja bentuk rumah, luas area yang digunakan, kontur dan medan dari tanah tersebut, budget untuk pembuatan taman, dan lain sebagainya.

Jenis bunga yang digunakan

Agar taman terlihat bagus dan kontras, menentukan jenis bunga atau tumbuhan yang akan ditanam juga sangat penting. Jika lahannya terlalu sempit, jangan memilih tanaman yang terlalu besar dan tinggi. Misalnya beringin, palem, dan beberapa tanaman keras lainnya. Untuk lahan sempit, agan semua bisa milih beberapa tanaman bunga. Mungkin bisa memilih adenium, mawar, bunga gladiol, dan beberapa jenis rumput atau tanaman perdu.  Selain mudah dalam perawatan, jenis bunga bunga sekali tumbuh semacam ini juga harganya relatif murah. Kalian bisa menemukan aneka jenis bunga yang bibitnya banyak dijual di pinggir jalan. Ada juga tanaman yang khusus untuk tumbuhan pagar.

Jika tepat dalam memilih tanaman tersebut, tampilan taman pasti sangatlah bagus, menarik, dan sedap dipandang mata. Apalagi jika konsepnya sesuai dengan eksterior rumah.

Jenis furniture untuk taman

Apakah teman teman nantinya akan melengkapi taman tersebut dengan satu set furniture didalamnya? Jika iya, seperti pada panduan sebelumnya, luas taman sangat berpengaruh untuk jadi pertimbangan. Beberapa rumah dengan konsep cluster, umumnya halamannya sangat sempit, sehingga kurang pas apabila dilengkapi furniture untuk taman tersebut. Teman teman bisa pake furniture jika taman tersebut memiliki lahan luas, seperti terlihat pada gambar dibawah. Dikarenakan furniture untuk taman biasanya berada di area outdoor, tentunya harus dipilih jenis meja dan kursi yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Bila memungkinkan, bisa ditambah dengan pergola atau gasebo. Atau bisa juga melengkapinya dengan tenda payung berukuran besar, karena jauh lebih praktis dan murah harganya.

Jalan Setapak pada Taman

Pada beberapa model taman dengan area yang cukup luas, keberadaan jalan setapak bisa dipertimbangkan. Selain sebagai akses ketika berkeliling taman, jalan setapak juga bisa difungsikan sebagai fasilitas untuk mempercantik taman. Untuk bentuk jalan setapak semacam ini, kita bisa memilih material dari beton cor, batu alam, paving block, atau material lain yang dirasa sesuai dan cocok dengan kondisi taman tersebut.

Menyesuaikan kontur tanah

Khusus di daerah yang kontur tanahnya tidak rata, seperti berupa tanah gundukan, pembuatan taman juga mesti diperhatikan. Hal ini nantinya berhubungan dengan pembuatan saluran air jika ada. Beberapa bagian dari taman yang mempertimbangkan kontur tanah antara lain seberapa tinggi gundukan tanah tersebut, apakah akan tetap mempertahankan kontur tanah yang ada atau ingin meratakan struktur tanah terlebih dahulu agar rata. Kontur tanah yang berbukit bukit, seperti pada gambar dibawah ini, beberapa jenis tanaman juga perlu diperhatikan. Untuk tumbuhan peneduh, seperti palem misalnya, harus benar benar kuat ketika menanamnya.

Drainase dan Kelistrikan

Terdapat beberapa taman yang sering terkena genangan air ketika hujan deras. Hal ini dikarenakan kondisi drainase ke saluran pembuangan tidak memadai, misalnya tidak adalanya saluran khusus, kurangnya resapan air, pembuangan tidak langsung ke selokan, dan lain sebagainya. Bila genangan air tidak cepat kering, tentu dikhawatirkan akan menyebabkan tanaman busuk dan kemudian mati. Oleh karena itu, ketika membangun taman, desain drainase yang akan digunakan juga mesti menjadi perhatian.

Sedangkan untuk kelistrikan atau penerangan, faktor ini sebenarnya hanya bersifat sebagai hiasan ketika malam hari. Terdapat beberapa taman yang sangat elok kelihatannya ketika malam tiba. Berbagai jenis lampu dan pemasangan yang tepat akan menghasilkan tampilan taman yang artistik dan menarik. Beberapa jenis penerangan untuk taman misalnya lampu untuk sudut taman, lampu kolam ikan, dan lampu kedap air. Semua jenis lampu tersebut memiliki fungsinya sendiri sendiri.

Mudah mudahan dari beberapa paparan seputar tahapan membangun taman dan beberapa bagian dari taman yang sudah Anda ketahui bisa memberi sedikit gambaran untuk menghasilkan taman rumah yang cantik dan enak dipandang.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....