Home Taman 6 Desain Taman Minimalis

6 Desain Taman Minimalis

by Teguh Yulianto Setiabudi
Desain Taman Minimalis

Masih bingung nyari nyari ide untuk membuat taman dirumah Anda? Atau, karena saking banyaknya desain taman, jadinya mana yang mau dipilih, karena semuanya keren keren dan bagus. Saya juga pernah ngalamin, ketika ingin membuat taman sederhana di samping rumah, ide tidak ada, panduan membuat taman ga punya, ya sudah, salah satu jalannya ya coba nyari referensi di internet, siapa tau ada banyak desain taman minimalis yang bisa kita tiru.

Dan ternyata memang benar. Ada ribuan desain taman yang bisa teman teman terapkan untuk menghiasi rumah, baik itu taman untuk rumah bergaya modern, taman rumah minimalis, dan lain sebagainya. Pokoknya, dengan adanya taman rumah kalian bisa jadi lebih menarik dech. Pada artikel berikut, saya akan coba berikan beberapa contoh desain taman minimalis berikut penjelasan singkatnya. Mudah mudahan bisa menjadi referensi dan tidak bingung lagi untuk memilih salah satunya.

1.  Taman Minimalis ala Jepang

Mungkin dari sekian banyak bentuk taman, konsep taman model Jepang kurang banyak dilirik, karena konsepnya yang mungkin terlalu sederhana. Sebenarnya, untuk masalah desain tergantung dari keinginan yang punya rumah, mau dibentuk seperti apa, tergantung desain yang diinginkan. Desain taman minimalis bergaya Jepang memang tidak terlalu banyak tetek bengek, cukup simpel. Pada gambar dibawah ini contohnya. Taman ini lebih banyak dominasi rumput pagar dan juga tanaman dalam pot berukuran jumbo.

Taman ala Jepang biasanya identik dengan bunga bunga warna cerah, misal saja putih. Dan juga, biasanya disetiap taman terdapat kolam ikan dengan jembatan mini ditengahnya. Mungkin pada gambar dibawah ini, karena sudut pandang pengambilan gambar yang berbeda, keberadaan kolam tidak terlihat. Guna mempercantik bagian dalam taman itu sendiri, untuk area tanahnya dipenuhi dengan kerikil berwarna putih, atau mungkin bisa diganti dengan batu kapur.

Baca juga :

2. Taman Minimalis depan Rumah

Buat yang punya halaman cukup luas, ini yang paling enak. Karena bisa membuat berbagai desain taman sesuka hati. Bisa berkreasi dengan aneka layout taman yang dipingini, jenis tumbuhan dan bunga yang akan melengkapi taman tersebut. Kebanyakan, untuk taman depan rumah bisa ditemui dengan mudah di beberapa perumahan model cluster, dimana setiap rumah tidak ada tembok pembatas, baik antar tetangga maupun jalan depan rumah. Dengan kondisi konsep perumahan semacam ini, pembuatan taman juga bisa lebih dimaksimalkan. Contoh gambar dibawah menunjukkan salah satu pemanfaatan halaman dengan lebih optimal.

3. Konsep Taman Minimalis

Pada taman tersebut, terdapat tiga bagian utama, yaitu area untuk tanaman, area jalan, dan area rumput. Sebuah desain taman minimalis yang terletak di halaman depan rumah, tiga bagian tersebut sangat penting untuk mendapatkan hasil view taman yang keren. Kita perhatikan misalnya. Pada bagian jalan yang terletak ditengah tengah taman tersebut dibuat dengan menyusun paving block dengan posisi pengaturan miring, tampak lebih artistik, bukan?

Sedangkan untuk area rumput, disitu terlihat penanaman rumput yang terlihat sangat rapi, baik dari jenis rumput yang digunakan maupun layout antara bagian rumput dan tanaman bunga. Dan untuk area khusus tanaman bunga, agar lingkungan sekitar terlihat lebih adem dan asri, ditanam pula beberapa batang pohon rindang. Untuk jenis bunganya sendiri disini dipilih bunga yang berwarna putih, sehingga makin menambah kesan asri dan serasi pada taman minimalis untuk model depan rumah.

4. Taman Minimalis dengan Vertical garden

Mungkin masih jarang yang menerapkan sebuah taman yang dilengkapi dengan dinding tertutup vertical garden. Biasanya taman minimalis semacam ini banyak ditemui di beberapa rumah yang memiliki tembok pembatas lumayan tinggi. Pada contoh dan photo gambar taman dibawah ini salah satunya. Konsep dan desain taman minimalis yang ditampilkan juga berbentuk taman berundak, dimana kontur tanah sengaja dibuat secara bertingkat. Dan yang lebih unik lagi, pada bagian ini tidak tampak bunga warna warni, hanya dipenuhi oleh berbagai tanaman hijau, khususnya yang berbentuk vertical.

5. Taman Minimalis dibelakang Rumah

Buat sebagian orang, memiliki halaman di belakang rumah memiliki keuntungan tersendiri. Selain bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, jika kalian mempunyai jiwa seni dan kreativitas untuk membuat desain rumah agar lebih nyaman dan asri, maka membuat taman di area tersebut merupakan pilihan. Lahan yang luas bisa dikreasikan dengan berbagai jenis taman. Gambar dibawah ini merupakan bagian dari taman belakang rumah untuk tempat tinggal kontemporer. Beberapa bagian yang bisa pembaca lihat disini antara lain adalah area rerumputan, jalan setapak, dan juga bundaran ditengah taman yang diisi dengan aneka bunga warna warni. Cukup luas sekali bukan? Apalagi ditambah tampilan rumah yang bergaya klasik.

6. Desain taman minimalis di tanah berkontur miring

Tidak selamanya sebuah taman berada ditanah dengan kontur yang rata. Untuk mendapatkan nilai seni dari sebuah taman, kondisi tanah yang landai atau miring juga cukup menarik untuk dikreasikan sedemikian rupa. Membutuhkan keahlian tersendiri jika kebetulan kalian menemukan kondisi tanah seperti ini. Jika kurang ahli, bisa bisa tanah tersebut bisa gugur atau longsor ketika terkena hujan.

Biasanya taman yang dibangun dengan kondisi tanah semacam ini, berada disamping bangunan. Pada contoh tersebut juga tampak, dimana lokasi taman tersebut seperti disamping sebuah bangunan dengan lahan yang cukup luas. Lahan luas yang diperuntukkan untuk kebutuhan semacam ini lebih banyak diisi dengan rerumputan dengan beberapa bagian ditanam pohon dan juga bebungaan. Untuk menambah daya tarik ketika malam hari, seorang desainer eksterior biasanya akan memasang lampu taman di beberapa titik.

7. Taman Minimalis dengan Pohon Palem

Biasanya, untuk melengkapi sebuah taman, terdapat dua jenis kriteria tanaman yang akan digunakan, yaitu tanaman bunga dan tanaman pohon pelindung. Untuk tanaman bunga biasanya terdiri dari beberapa jenis rerumputan dan juga bunga dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi. Sedangkan untuk tanaman pelindung, biasanya berukuran besar dan tinggi. Beberapa jenis tanaman yang masuk kategori ini dan banyak kita jumpai di beberapa model taman antara lain pohon palem, pohon kamboja, dan pohon kelapa genjah. Ada juga tanaman pohon flamboyan.

Pada gambar taman dibawah ini, untuk lokasinya sendiri sepertinya berada dibelakang rumah. Beberapa yang ditanam antara lain pohon berjenis palem, rerumputan, tanaman vertical, dan dipisahkan oleh jalan setapak dengan paving block.

Konsep taman minimalis secara desain memang cukup sederhana. Akan terlihat unik bila kita mampu membuat kreasi dengan menambahkan berbagai fasilitas didalam taman tersebut. Fasilitas itu sendiri bisa berupa jenis tanaman, menaruh furniture ditaman, membuat pencahayaan yang bagus, dan lain sebagainya. Mudah mudahan dari beberapa contoh tersebut, agan dan mas bro bisa mendapat inspirasi untuk membuat taman yang keren dirumah. Tentunya untuk memulai itu semua harus memperhitungkan faktor lain, misal luas lahan yang dimiliki, gaya rumah, anggaran, dan beberapa fasilitas yang akan ditempatkan di taman tersebut.

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....