Home Teras 10 Desain dan Model Teras Rumah Masa Kini

10 Desain dan Model Teras Rumah Masa Kini

by Teguh Yulianto Setiabudi
Desain dan Model teras Masa Kini

10 Desain dan Model Teras Rumah Masa Kini – Rumah sebagai salah satu tempat berkumpul bareng keluarga, hendaklah bisa memberikan kenyamanan dan juga keabkraban diantara anggota keluarga. Rumah yang memberikan kenyamanan merupakan dambaan semua orang. Ada banyak ruangan dirumah tersebut yang bisa diotpimalkan fungsinya. Ada ruang keluarga, ruang tamu, teras, balkon, atau ruang lainnya. Dari kesemua jenis ruangan tersebut, salah satu yang sering dioptimalkan fungsinya adalah teras.

Seperti kita ketahui, ada banyak model teras rumah masa kini yang bisa jadi bahan adopsi untuk diterapkan dirumah. Jangan khawatir, model teras semacam ini cukup sederhana kok, meski Anda bisa mengembangkan berbagai desain, baik yang bentuk terasnya sederhana dan tidak terlalu luas. Biasanya mode teras semacam ini cocok banget tuh untuk rumah sederhana, misal teras untuk perumahan. Namun ada juga bentuk teras lainnya, misal teras semi outdoor. Biar lebih maknyus dan ada gambaran seputar berbagai bentuknya, berikut beberapa contoh teras seperti dibawah ini.

1. Model Teras rumah Sederhana

Salah satu ciri untuk teras yang bentuknya sederhana, antara lain tidak terlalu luas, hanya terdapat meja kursi sederhana, terletak di depan rumah atau samping rumah, tidak banyak fasilitas penunjang pada teras tersebut. Namun demikian, teras ini tetap berfungsi layaknya teras lainnya, harus bisa memberikan kenyamanan buat berkumpul, bisa bersantai dengan tenang, dan bila memungkinkan jika halaman tersebut masih terdapat lahan yang cukup luas, bisa membuat taman, baik taman sederhana, taman bunga, atau taman untuk sayur sayuran.

Model Teras Rumah Sederhana

Jika dilihat dari tampilan depan, teras ini sangat sederhana sekali. Atap yang digunakan juga biasa saja, hanya ada dua buah kursi dan meja kecil. Untuk hiasan lainnya, terdapat lampu dinding dikedua sisi kanan dan kiri. Yang menjadikan teras ini tampak keren adalah karena keberadaan taman rerumputan didepannya, dan juga penataan desain jalan setapak yang sangat rapi, mulai dari pintu gerbang rumah hingga ke pintu utama.

Baca juga :

2. Model Teras rumah Mewah dan Keren

Diluaran sana banyak sekali rumah berukuran besar dan mewah. Demikian juga bangunan yang digunakan untuk teras rumah tersebut, mewah, keren, amazing, dan fasilitasnya cukup komplit. Sebuah teras mewah biasanya akan terdiri dari fasilitas seperti meja kursi, perapian, hiasan dinding, dan beberapa pernak pernik teras tersebut. Pokoknya beda jauh dengan teras sederhana seperti gambar diatas tadi. Dan dalam membuat teras untuk rumah mewah juga berbeda prosesnya. Ada kalanya, seorang desainer interior yang mendapat job membangun sebuah teras, mereka melakukan hitung hitungan layaknya membangun rumah baru. Kenapa? Karena ada banyak fasilitas dan komplektisitas dari desain teras tersebut.

Model Teras Rumah Mewah

Diliat dari gambar diatas, ini sih lebih lebih dari sekedar teras. Ukurannya besar dan luas, fasilitas yang ada pada teras juga sangat komplit, ada beberapa set meja kursi dari kayu, kursi santai dekat kolam renang, atap yang tinggi dan terbuat dari kayu, tiang yang kuar bernuansa batu alam yang dikombinasikan dengan lantai marmer. Suasan yang ada pada teras ini juga pasti terasa sangat sejuk dan nyaman, karena modelnya adalah teras semi outdoor, yaitu yang berbatasan langsung dengan beberapa ruangan dalam rumah.

3. Model Teras rumah terbaru

Membangun sebuah teras rumah adalah memanfaatkan space yang masih tersisa pada rumah tersebut. Jadi dengan adanya ruangan yang belum dioptimalkan, Anda bisa memanfaatkan untuk membuat sebuah teras, meskipun sudah ada teras utama yang biasanya terletak di bagian depan rumah. Untuk beberapa model rumah yang memiliki tanah cukup luas, biasanya mereka memiliki teras lebih dari satu, misalnya teras samping rumah.

Biasanya teras yang terdapat disamping rumah identik dengan lokasi yang berdekatan dengan kolam renang atau taman. Atau bahkan diapit oleh dua space tersebut, yaitu teras yang ada taman dan juga kolam renangnya. Teras rumah model ini sangat nyaman dipakai buat nyantai, mungkin juga untuk istirahat sejenak sehabis berenang. Biasanya ukuran kolam renang yang dekat dengan teras juga bermacam macam, ada yang berkuran besar, dan ada juga desain kolam renang mini.

Desain Kolam Renang Mini

Keren banget bukan? Teras ini terletak disamping rumah, dan juga bisa dihalaman belakang. Fasilitas juga sangat lengkap. Bisa diliat beberapa set meja kursi minimalis, perapian bernuansa batu alam, lantai marmer, dan juga dominasi warna coklat krem disekelilingnya. Sangat nyaman banget kayaknya kalo buat nyatai disiang hari, atau bikin acara barbeque.

4. Beberapa inspirasi untuk Teras Minimalis rumah baru

Saat ini, hampir semua model rumah baru, khususnya yang berada di perumahan, baik reguler maupun perumahan cluster, konsep minimalis masih menjadi pilihan banyak orang. Modelnya yang terkesan sederhana namun modern menjadi alasan dipilihnya gaya arsitektur semacam ini. Selain juga karena faktor kemudahan dalam mengembangkan rumah tersebut dimasa yang akan datang, misal pingin menambah teras, membuat pergola rumah, atau menambah taman. Dibawah ini saya tampilkan beberapa model teras minimalis untuk rumah baru kalian.

Model Teras Rumah Klasik Minimalis

Teras yang satu ini hampir semuanya didominasi warna abu abu, baik meja kursi, lantai, dan dinding rumahnya. Sangat nyaman sekali dan simple. Terletak di samping rumah atau bisa juga pada bagian lantai 2 diatas balkon. Yang unik dari teras ini adalah tidak menggunakan atap, hal ini terlihat dari kondisi ruangan yang cukup terang.

Bentuk Teras rumah Sederhana

Tampilan keseluruhan rumah ini yang mengusung konsep alamiah sangat kental terlihat, terutama dari penggunaan material kayu di beberapa bagiannya, seperti dinding, lantai teras, sofa minimalis yang digunakan, dan juga hiasan lampu dan lingkungan yang ada disekitarnya. Penataan lampu yang cukup keren dibagian lantai mungkin merupakan inspirasi terbaru bagi Anda semua, sehingga akan lebih unik jika malam tiba.

Teras Rumah Klasik

Kalo contoh dari gambar diatas yang satu ini mungkin lebih cocok disebut sebagai tempat nyantai yang mirip saung dari pada teras. Hal ini karena lokasinya yang terpisah dari rumah utama. Beratapkan pergola dengan model yang minimalis berwarna hitam, perpaduan dan kombinasi furniture warna putih, diruangan yang terbuka, menjadi salah satu desain yang juga bisa Anda adopsi untuk mempercantik rumah Anda. Membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas, mungkin hanya sekitaran 4×5 meter saja untuk memiliki space semacam ini.

5.  Teras rumah Bernuansa dinding batu Alam

Semua hal yang berbau bau natural dan nuansa alam untuk diaplikasikan pada desain dan dekorasi sebuah rumah, memang mampu untuk menghadirkan kombinasi yang nyaman untuk rumah tersebut. Banyak contohnya, misal menghiasi dinding rumah dengan batu alam, teras dengan batu alam, taman dengan vertical garden, kolam ikan yang dilengkapi taman bunga, dan masih banyak lagi. Kalo mas bro juga pingin memiliki teras minimalis atau modern, atau klasik bernuansa batu alam, berikut beberapa contohnya.

Dinding Teras batu Alam

Detail dari gambar teras diatas, terutama pada bagian dindingnya terdiri dari lapisan batu alam berbentuk persegi. Kombinasi ini sangat pas sekali karena ketika beristirahat atau bersantai bisa sembari menikmati keindahan lingkungan sekitarnya, misal taman yang ada. Areanya juga luas sekali, bisa sambil tiduran dilantai kali ya? Penggunaan furniture yang berasal dari rotan, menambah kesan alami pada ruangan ini.

Tiang Teras Batu Alam

Selain berada dilantai satu, ternyata membangun teras dilantai dua, atau dibalkon juga ternyata keren juga. Anda bisa melihat contoh diatas. Sepertinya teras ini sengaja dibuat pada balkon rumah tersebut. Hal ini nampak pada view yang ada di ketinggian. Yang menariknya lagi, interior pada teras semi outdoor ini adalah sebuah tiang teras batu alam berukuran cukup besar dan lebar. Tiang ini juga difungsikan untuk tempat gantungan sebuah TV dan juga perapian dibawahnya.

Hampir semuanya bertemakan kayu, baik dari meja kursi yang digunakan, lantai parquet, atap, dan juga pagar pembatas dari balkon tersebut. Bener bener pas nuansa alamnya, belum lagi ditambah view pegunungan didepan rumah tersebut.

Model Teras Minimalis

Model Teras Klasik Modern

Gimana sobat desain lover, sudah punya pilihan belum untuk menentukan jenis teras seperti apa yang nanti akan digunakan untuk melengkapi rumah Anda? Tinggal pilih, semuanya komplit, ada teras klasik modern, teras minimalis modern, teras dengan motif bebatuan alam, dan lain sebagainya. Sangat simple dan keren keren bentuknya.

 

Sudah Baca yang Ini?

WhatsApp Chat Disini....